"... Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku Ridhai Islam sebagai Agamamu..." {QS. Al Maidah 5 : 3}

TRANSLATE

Sabtu, 23 April 2011

MENGKAFIRKAN ORANG ISLAM

PERTANYAAN :
Bagaimana hukum mengkafirkan orang Islam ?

JAWABAN:
mengkafirkan orang bukan perkara kecil, orang yang mengaku Islam itu tidak boleh dikafirkan, melainkan kalau ia terus terang ingkar kepada Qur'an, Ingkar kepada Nabi SAW, Ingkar kepada salah satu Hukum Islam dengan menyembah berhala, menyembah hantu, Syaitan atau lain-lain pekerjaan yang jelas terang kekufurannya.
Adapun orang Islam yang bersalahan paham dadalam masalah Agama, walaupun masalah I'tiqad, itu tidak boleh dikafirkan
Pendeknya, tidak patut meringankan mulut tentang mengkafirkan seseorang yang bersalah faham didalam masalah Agama walau bagaimanapun besar kesalahannya itu.

oleh sebab itu orang yang kita pandang salah itu cukuplah dengan disalahkan saja, itupun kalau sudah cukup kuat alasan kita. dan janganlah sekali-kali berani mengkafirkan, karena bahayanya terlalu besar :

Sabda nabi SAW :

" Seorang apabila mengkafirkan saudaranya, maka kembalilah kekufuran itu kepada salah seorang daripada keduanya." {H.S.R Muslim}
" Siapa berkata kepada saudaranya : "Hai Kafir" maka kembalilah kekufuran itu kepada salah seorang daripada keduanya. kalau memang saudaranya itu sebagaimana ia katakan (benarlah ia) tetapi kalau tidak, niscaya kembalilah kekufuran itu kepadanya (sendiri)" {H.S.R Muslim}
" Barang siapa mengkafirkan seorang atau ia panggil dia .. "Hia Musuh Allah !" padahal ia tidak begitu, melainkan kembalilah (Panggilannya) itu kepadanya sendiri" {H.S.R. Muslim}.

Menurut hadits-hadits tersebut diatas, bahwa mengkafirkan orang itu satu larangan besar, karena orang yang dikafirkan itu, kalau tidak betul kafir pada pandangan Allah, maka kekafiran itu akan kembali atas orang yang mengkafirkannya itu.

1 komentar:

berdiskusilah dan beri komentar dengan kata-kata yang baik tanpa saling menghina atau menjatuhkan, supaya dapat menjadi berkah..

SILAHKAN BERKOMENTAR BIAR LEBIH SERU...

RUJUKAN ARTIKEL

Al Qur'an The Miracel, Tanya Jawab A Hasan 1-2-3, berbagai Website, Harun Yahya, Tata Cara Shalat A. Hasan, Bulughul maram, dll.

PARA TAMU TERHORMAT

Artikel, Gambar, Video yang ada di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber website lain, Dan Hak Cipta Sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika Anda Keberatan, Apabila Ada Artikel, Gambar, ataupun Video yang tidak berkenan bagi anda ataupun merupakan Hak Cipta Anda, Segera KONTAK KAMI agar dapat kami tindak lanjuti secepatnya.