"... Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku Ridhai Islam sebagai Agamamu..." {QS. Al Maidah 5 : 3}

TRANSLATE

Sabtu, 23 April 2011

BAJU KUSAM SANG PEMIMPIN

UMAR BIN KHATAB pernah menerima utusan negara-negara arab dengan jubah satu-satunya, baju tersebut sudah sangat lusuh dan bertambal sulam. padahal, sebagai pemimpin negara, Umar seharusnya mendapat gaji lebih banyak dariAbu Bakar yang menjadi pemimpin sebelumnya, hal ini disebabkan wilayah pemerintahannya lebih luas dari pada saat dipimpin Abu Bakar. karena wilayah semakin luas, tugas dan kewajibanpun lebih meningkat. namun, ternyata ia hanya digaji sama dengan Abu Bakar.
Penampilan umar yang berbaju lusuh ketika menerima pemimpin Arab itu membuat prihatin para sahabatnya. Merekapun datang menemui Umar dan mengusulkan agar Umar diberi gaji sesuai tanggung jawabnya. Ternyata usulan itu ditolak langsung oleh Umar. Ia justru memarahi orang-orang yang datang membawa usulan tersebut.

" kenapa kalian memaksaku mendapatkan gaji melebihi kebutuhan? ketahuilah. Meski Baginda Nabi diampunkan dosanya, Beliau hidup melarat dan tetap semangat beribadah," jawab Umar dengan marah.

Para Sahabatpu terdiam mendengar kata-kata tersebut, mereka mengerti bagaimana kekerasan hati Umar, apa lagi terhadap hal-hal yang diyakini sebagai prinsip hidupnya. Tetapi para sahabat tak putus asa, mereka kemudian mendatangi Ali Bin Abi Thalib, menatu Nabi Muhammad SAW. yang dikenal dengan kedalaman ilmunya. Para Sahabat berharap, mungkin bila disampaikan oleh Ali, Umar lebih sedia mendengar usul mereka. Apalagi, Ali juga dikenal dekat dengan Umar, setelah bertemu Ali, para sahabat pun mengutarakan maksudnya. ternyata usaha mereka bertepuk sebelah tangan.

"Aku tak berani," tolak Ali.
Ali hanya dapat menyarankan mereka untuk menemui Hafsah, anak Umar yang menjadi istri nabi Muhammad SAW.

Para Sahabat Umar kemudian menemui Hafsah yang kebetulan ketika itu ada juga Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW. yang lebih muda. Keduanyapun menyanggupi permintaan para sahabt Umar tadi. Mereka kemudian berusaha menemui Umar. Setelah bertemu Umar, mereka lantas menyampaikan pesan para sahabat tadi.

"Aku ingin menyampaikan sesuatu". Ujar Aisyah
"Silahkan," sahut Umar.
"Umar, Anda pemimpin Negara, Anda mewarisi kekayaan kaisar Romawi dan Persi. Saat menerima utusan Arab, Anda menggunakan jubah lusuh. Anda perlu mengganti jubah dengan yang baru agar anggun dan berwibawa."

Aisya belum rampung bicara, tetapi Umar mendadak menangis. Aisyah dan hafsahpun khawatir melihat keadaan Umar.

"Aku ingin bertanya, pernahkan Nabi Muhammad SAW. merasa kenyang karena Roti mewah selama berhari-hari?" tanya Umar.

"Tidak." jawab Aisyah dan hafsah

"Pernahkan baginda Nabi minta diberi hidangan makanan enak dan pakaian bagus?"

"Tidak."

"Hai Istri Baginda Nabi, kalian tak pernah menyaksikan baginda Nabi makan enak dan berpakaian mewah. mengapa kalian mengusulkan agar aku hidup mewah?".

Itulah sedikit kisah tentang bagaimana sederhananya kehidupan Seorang Pemimpin yang mampu menguasai Jajirah Arab, mereka tak ingin hidup berlimpahkan kemewahan karena Rasulullah SAW tidak pernah mencontohkan itu, Beliau hidup dengan sangat sederhana walaupun sebenarnya Belaiu mampu untuk hidup berlimpahan Harta dan kemewahan Dunia, semoga menjadi hikmah bagi kita bahwa kehidupan didunia hanyalah sementara sehingga kita mampu menjadikan Pikiran, hati dan Jiwa menjadi lebih Sederhana.

wahanaisani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berdiskusilah dan beri komentar dengan kata-kata yang baik tanpa saling menghina atau menjatuhkan, supaya dapat menjadi berkah..

SILAHKAN BERKOMENTAR BIAR LEBIH SERU...

RUJUKAN ARTIKEL

Al Qur'an The Miracel, Tanya Jawab A Hasan 1-2-3, berbagai Website, Harun Yahya, Tata Cara Shalat A. Hasan, Bulughul maram, dll.

PARA TAMU TERHORMAT

Artikel, Gambar, Video yang ada di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber website lain, Dan Hak Cipta Sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika Anda Keberatan, Apabila Ada Artikel, Gambar, ataupun Video yang tidak berkenan bagi anda ataupun merupakan Hak Cipta Anda, Segera KONTAK KAMI agar dapat kami tindak lanjuti secepatnya.