"... Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku Ridhai Islam sebagai Agamamu..." {QS. Al Maidah 5 : 3}

TRANSLATE

Jumat, 22 April 2011

BATAS AURAT LAKI-LAKI

PERTANYAAN : 
Ulama sudah membatas bahwa aurat seorang laki-laki itu antara pusat dan lutut, namun dijaman sekarang ini ada banyak laki-laki memakai celana pendek diatas lutut, bolehkah demikian..??

JAWABAN : 
Ulama yang menetapkan aurat seperti tersebut diatas beralasan dengan beberapa hadit's sebagai berikut :

" Janganlah engkau nampakkan pahamu, dan jangan engkau lihat paha orang hidup atau orang mati." {H.R. Ibnu Majah}
" hai Ma'mar ! Tutuplah dua pahamu, karena dua paha itu 'aurat" {H.R. Ahmad}

dan ada beberapa lagi hadiets yang sama ma'nanya dengan dua hadiets itu, tetapi sekalian hadiets yang menyeluruh tutup paha itu lemah,.
sebaliknya ada pula beberapa Hadiets Shahih yang menerangkan nabi pernah pula buka pahanya dan lututnya ;

" Telah berkata Anas, bahwasanya pada hari perang khaibar, Rasulullah SAW pernah membuka pahanya hingga aku lihat putih pahanya". {H.S.R. Ahmad dan Bukhari}
" Telah berkata Abu Darda' ; saya pernah duduk bersama Nabi SAW tiba-tiba datang Abu Bakar dengan mengangkat sarungnya hingga kelihatan lututnya" {H.S.R. Ahmad dan Bukhari}

Selain dua hadiets yang sahih itu, ada beberapa lagi hadiets lemah dan Shahih yang menunjukkan bahwa nabi ada pernah membuka lututnya dan pahanya dihadapan sahabat-sahabatnya.
Menurut keterangan-keterangan tersebut diatas, maka tidak dapatlah kita wajibkan bagi laki-laki untuk menutup hingga lututnya, namun tentu alangkah lebih baiknya jika kita mampu hingga menutup sampai lutut.

Tanya jawab A.Hasan No.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berdiskusilah dan beri komentar dengan kata-kata yang baik tanpa saling menghina atau menjatuhkan, supaya dapat menjadi berkah..

SILAHKAN BERKOMENTAR BIAR LEBIH SERU...

RUJUKAN ARTIKEL

Al Qur'an The Miracel, Tanya Jawab A Hasan 1-2-3, berbagai Website, Harun Yahya, Tata Cara Shalat A. Hasan, Bulughul maram, dll.

PARA TAMU TERHORMAT

Artikel, Gambar, Video yang ada di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber website lain, Dan Hak Cipta Sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika Anda Keberatan, Apabila Ada Artikel, Gambar, ataupun Video yang tidak berkenan bagi anda ataupun merupakan Hak Cipta Anda, Segera KONTAK KAMI agar dapat kami tindak lanjuti secepatnya.